Pengaruh Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Coffee Shop ALEGRA di Villa Nusa Indah)

Authors

  • Muhammad Faisal Rifaldi Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Krisnadwipayana
  • Sugeng Santoso Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Krisnadwipayana
  • Ardiyansah Ardiyansah Program Studi Magister Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas

DOI:

https://doi.org/10.61332/ijpa.v7i1.148

Keywords:

Consumer Preferences, Purchase Decisions

Abstract

This study aims to determine and explain the influence of consumer preferences on consumer purchase decisions at ALEGRA coffee shop, both partially and simultaneously. The research method used in this study is a quantitative method with a sample size of 100 respondents. The data collection technique used in this study is questionnaire distribution. The data analysis methods used are validation test, reliability test, classical assumption test, simple linear regression analysis, coefficient of determination analysis, and hypothesis testing. The results of the study show that consumer preferences are categorized as good with an average score of 4.19, purchase decisions are categorized as good with an average score of 4.16, and there is a positive and significant influence of 63% of pricing on purchase decisions at ALEGRA coffee shop in Villa Nusa Indah 2, while 37% is influenced by other factors.

References

Andy Wijaya., dkk. (2021). Ilmu Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi. Medan: Yasasan Kita Menulis.

Daryanto. (2013). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran, Cetakan Kedua. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Kotler, P. (1995). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kotler, P., dan Armstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran, 9th ed. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2008). Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran 12th ed, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran 12th ed, Jilid 1 Cetakan Keempat. B. Molan, Terjemahan. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip, dan Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran, 13th ed, Jilid 2. B. Sabran, Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Lemeshow, S., Hosmer J, D. W., Klar, J., dan Lwanga, S. K. (1997). Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Yokyakarta: Gajah Mada Uneversity Press.

Marsono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Langkah-Langkah Menyusun Skripsi, Tesis, atau Disertasi Menggunakan Teknik Analisis Jalur Path Analysis Dilengkapi Contoh Aplikasinya. Bogor: IN MEDIA.

Marwan, A. (1990). Marketing, Cetakan kedua. Yogyakarta: BPFE Universitas Gajah Mada.

Sugeng, B. (2020). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif Eksplanatif. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi Mixed Method, 2nd ed. Bandung: Alfabeta.

Erinda, A., Kumadji, S., dan Sunarti, S. (2016). Analisis Faktor-faktor Preferensi Pelanggan Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Studi Terhadap Pelanggan Mcdonald's di Indonesia Dan Malaysia. UB, 30, 87-95.

Laveda, A. T., Ningsih, S. ., & Setyawati, K. . (2024). Pendekatan Community Based Disaster Management (CBDM) Melalui Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kelurahan Jatibening. PANDITA: Interdisciplinary Journal of Public Affairs, 7(1), 25–34. https://doi.org/10.61332/ijpa.v7i1.138

Artikel dan Internet

Mahmudan, Ali. (2023, Mei 12). Berapa Konsumsi Kopi Indonesia Pada 2020/2021?. Diambil kembali dari https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021

Mustajab, Ridhwan. (2023, Mei 12). Kinerja Industri Makanan dan Minuman Naik 4,90% pada 2022. Diambil kembali dari https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/kinerja-industri-makanan-dan-minuman-naik-490-pada-2022

Putri, Aulia Mutiara Hatia. (2023, Mei 12). Kopi Kekinian Menjamur, Produksi Kopi RI Naik 120 Ribu Ton!. Diambil kembali dari https://www.cnbcindonesia.com/res earch/20230306112229-128-419154/kopi-kekinian-menjamur-produksi-kopi-ri-naik-120-ribu-ton

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Rifaldi, M. F. ., Santoso, S., & Ardiyansah, A. (2024). Pengaruh Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Coffee Shop ALEGRA di Villa Nusa Indah). PANDITA: Interdisciplinary Journal of Public Affairs, 7(1), 47–55. https://doi.org/10.61332/ijpa.v7i1.148