Author Guidelines

JENIS NASKAH

Naskah berupa hasil penelitian yang bersifat orisinil (karya sendiri), belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan bebas plagiasi. Naskah yang telah dikirimkan menjadi hak milik redaksi dan tidak boleh diterbitkan lagi dalam bentuk apapun.

KETENTUAN UMUM PENULISAN

a. Ukuran kertas A4 (210 mm x 297 mm)

b. Naskah diketik dengan margin tepi atas dan bawah 2,7 cm, sisi kiri 2,8 cm dan kanan 2,8 cm; jenis huruf Times New Roman font 12 dengan spasi 1,5, tanpa indentasi dan menggunakan spasi antar paragraf, panjang naskah 15 halaman.

c. Nomor halaman ditulis pada pojok kiri bawah

d. Gambar dan tabel tidak dikelompokkan tersendiri, tetapi terintegrasi dengan naskah, diberi nomor, judul, serta sumber. Tabel diketik satu spasi, tanpa menggunakan garis vertikal (garis kolom). Jumlah tabel dan gambar maksimal (5) lima.

e. Sub topik tidak diberi nomor, dicetak tebal, Titel Case, 1 spasi STRUKTUR NASKAH JUDUL Judul publikasi berbeda dengan judul penelitian, harus singkat dan mencerminkan isi tulisan,menggunakan kapital bold, font 14; dengan 1,5 spasi.Jarak antara judul dan nama penulis 1 spasi.

NAMA PENULIS

Nama lengkap penulis dicantumkan tanpa gelar akademik, di bawah nama penulis dicantumkan asal prodi dan institusi serta email di tengah halaman menggunakan huruf Times New Roman 11 pt; 1 spasi.

ABSTRAK

Jarak antara abstrak dengan nama penulis 3 spasi.

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, terdiri atas satu paragraf, dan menggambarkan keseluruhan isi naskah yang terdiri dari pendahuluan, metode, hasil, dan kesimpulan.

Abstrak ditulis menggunakan huruf Times New Roman 11 pt, italic, 1 spasi (untuk abstrak inggris), Times New Roman 11 pt,1 spasi ( abstrak Indonesia).

Kata kunci dicantumkan di bawah abstrak, tiga sampai lima kata,diurutkan berdasarkan abjad. Jumlah kata tidak melebihi 150-200 kata, tidak ada kutipan dan singkatan/akronim.

PENDAHULUAN

Pendahuluan ditulis ringkas, berisi justifikasi pentingnya penelitian, kebaruan dari penelitian, umumnya terdiri dari latar belakang masalah, permasalahan, dan tujuan penelitian.

TINJAUAN PUSTAKA

Kajian pustaka diperlukan (dicantumkan) jika artikel disusun tidak berdasarkan hasil penelitian lapangan, misalnya studi literatur, dll)

METODE PENELITIAN

Informasikan secara ringkas mengenai materi dan metode yang digunakan dalam penelitian, meliputi subyek/bahan yang diteliti, alat yang digunakan, desain yang digunakan, teknik pengambilan sampel, variabel yang akan diukur, teknik pengambilan data, analisis dan model statistik yang digunakan serta etika pengambilan data.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil penelitian dapat disajikan dengan tabel, grafik atau gambar sesuai kebutuhan untuk memperjelas penyajian hasil secara verbal. Tabel /gambar maksimal 5 buah.

Pembahasan diarahkan pada jawaban terhadap hipotesis penelitian dengan ditekankana pada kesamaan, perbedaan, ataupun keunikan dari hasil yang diperoleh peneliti. Uraian pembahasan mengapa hasil penelitian menjadi seperti itu dan diakhiri dengan memberikan rekomendasi bagi penelitian selanjutnya.

KESIMPULAN

Kesimpulan merupakan jawaban hipotesis yang mengarah pada tujuan penelitian. Peneliti perlu mengemukakan implikasi dari hasil penelitian. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat dituliskan pada bagian ini.

DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka mengandung minimal 15 sumber rujukan, 80% di antaranya dari jurnal, dan sisanya dari sumber yang lain.

Penulisan Daftar Pustaka menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley. Format penulisan yang digunakan di Jurnal Reformasi adalah sesuai dengan format APA (American Psychological Association).

Contoh APA Style

Allan, B., &Smylie, J. (2015). First Peoples, second class treatment: The role of racism in thehealth and well-being of Indigenous peoples in Canada. Toronto, ON: The Wellesley Institute. Retrieved from http://www.wellesleyinstitute.com/wp-content/uploads/2015/02/ReportFirst-Peoples-Second-Class-Treatment-Final.pdf
Brydon-Miller, M. Greenwood, D., & Maguire, P. (2003). Why action research? Action Research, 1(1), 9-28. Retrieved from https://doi.org/10.1177/14767503030011002
Chapman, C. (2011). Resonance, intersectionality, and reflexivity in critical pedagogy (and research methodology). Social Work Education, 30(7), 723-744. Doi:10.1080/02615479.2010.520120
Chinn, P.L.,& Kramer, M.K. (2013). Integrated theory and knowledge development in nursing(8thed.). St. Louis, MO: Elsevier Mosby.
Diffey, L.,&Mignone, J. (2017). Implementing anti-racist pedagogy in health professionaleducation: A realist review. Health Education and Care, 2(1), 1-9. Retrieved from https://www.doi:10.15761/HEC.1000114
Kirby, S.L., Greaves, L.,& Reid, C. (2017). Experience, research, social change: Critical methods (3rd ed.). Toronto, ON: University of Toronto Press.

TEMPLATE ARTIKEL
Template Artikel dapat diunduh disini