IMPLEMENTASI PERATURAN WALI KOTA BEKASI NOMOR 100 A TAHUN 2019 DALAM PEMBERIAN BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN BAGI SISWA HAFIDZ QUR’AN DI KOTA BEKASI TAHUN 2019

Authors

  • Nurhasanah Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Wahidin Septa Zahran Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Dwi Agustina Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Ardhi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

DOI:

https://doi.org/10.61332/ijpa.v4i2.30

Keywords:

Bekasi Mayor Regulation Number 100 A of 2019, coordination, education cost assistance, Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 100 A Tahun 2019, koordinasi, bantuan biaya pendidikan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Implementasi Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 100 A Tahun 2019 dalam pemberian bantuan biaya pendidikan bagi siswa hafidz qur’an di Kota Bekasi tahun 2019, (2) kendala-kendala yang terjadi, (3) solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Reduksi Data, Triangulasi Data, dan Kesimpulan. Hasil pembahasan sebagai berikut: Belum optimalnya implementasi Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 100 A Tahun 2019 dalam Pemberian Bantuan Biaya Pendidikanbagi Siswa Hafidz Qur’an di Kota Bekasi Pada Tahun 2019, hambatan yang terjadi adanya alih tugas pokok dan seksi (tupoksi), siswa tidak mampu belum terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan keterbatasan waktu dalam pemberkasan dan proses seleksi, kurangnya hafalan qur’an pada siswa tahfidz qur’an, belum optimalnya penyerapan pagu anggaran dalam kegiatan pemberian bantuan pendidikan untuk siswa berprestasi dan hafidz qur’an tahun 2019, dan Solusinya antara lain mekanisme perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap kegiatan pemberian bantuan pendidikan tersebut dari pimpinan/pejabat secara berjenjang sampai kepada implementor, koordinasi antar Dinas Pendidikan dengan Dinas Sosial Kota Bekasi terkait pemutakhiran data siswa tidak mampu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sosialisasi secara berkesinabungan kepada stakeholder terkait, Dinas Pendidikan Kota Bekasi melalui UPP yang berada di 12 Kecamatan di Kota Bekasi senantiasa memberikan perhatian dan arahan terhadap madrasah serta memfasilitasi peserta didik agar dapat lebih mudah dalam menghafal qur’an.

 

The purpose of this study is to analyze: (1) the implementation of Bekasi Mayor Regulation Number 100 A of 2019 in providing tuition assistance for hafidz qur'an students in Bekasi City in 2019, (2) the obstacles that occur, ( 3) solutions to overcome these obstacles. This study uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques with literature study, interviews and documentation. The data analysis techniques used are Data Reduction, Data Triangulation, and Conclusions. The results of the discussion are as follows: The implementation of Bekasi Mayor Regulation Number 100 A Year 2019 has not been optimal in Providing Tuition Fee Assistance for Hafidz Qur'an Students in Bekasi City In 2019, the obstacles that occur are the transfer of main and section tasks (tupoksi), students do not capable of not being registered in the Social Welfare Integrated Data (DTKS), and limited time in the filing and selection process, the lack of memorization of the Qur'an for students who are tahfidz Qur'an, not optimal absorption of the budget ceiling in the provision of educational assistance for outstanding students and hafidz of the Qur'an. in 2019, and the solutions include mechanisms for planning, organizing, implementing and supervising the activities of providing educational assistance from the leadership/officials in stages to the implementor, coordination between the Education Office and the Bekasi City Social Service regarding updating data on underprivileged students in the Integrated Welfare Data. Social (DTKS), socialization of s In a sustainable manner to stakeholders relevant, the Bekasi City Education Office through UPP which is located in 12 sub-districts in Bekasi City always gives attention and direction to madrasas and facilitates students to be able to memorize the Qur'an more easily.

References

Anggara, Sahya. (2014). “Kebijakan Publik” Bandung : CV Pustaka Setia.

Budi, Winarno. 2012. Kebijakan Publik: Teori dan Proses. Yogyakarta: Media Pressindo.

Dinas Pendidikan Kota Bekasi, 2019. Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Dinas Pendidikan Kota Bekasi T.A. 2019. Pemerintah Kota Bekasi.

Nuraida Wahyuni, H. S. 2016. Perancangan Sistem Informasi Beasiswa Berbasis Web. tangerang.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 100 A Tahun 2019 Tentang Pedoman Pemilihan Siswa Berprestasi Jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dan Bantuan Pendidikan Bagi Siswa Hafidz Qur’an.

Downloads

Published

2022-01-12

How to Cite

Nurhasanah, Wahidin Septa Zahran, Dwi Agustina, & Ardhi. (2022). IMPLEMENTASI PERATURAN WALI KOTA BEKASI NOMOR 100 A TAHUN 2019 DALAM PEMBERIAN BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN BAGI SISWA HAFIDZ QUR’AN DI KOTA BEKASI TAHUN 2019. PANDITA: Interdisciplinary Journal of Public Affairs, 4(2), 19–33. https://doi.org/10.61332/ijpa.v4i2.30