Penggunaan Model Pembelajaran Learning Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.61332/ijpa.v6i1.67Abstract
Mengamati kecenderungan siswa akan sulitnya dan rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika menjadikan nilai hasil evaluasi yang mereka perolepun sangat rendah. Hal ini membuat siswa mengalami kecenderungan belajar dengan sikap yang pasif. Dengan demikian akan berpengaruh terhadap hasil belajar dan prestasi belajar yang diperoleh masing-masing siswa pun cenderung rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan cara efektif dalam memilih model pembelajaran seperti model pembelajaran Learning Together. Model pembelajaran Learning Together ini merupakan salah satu cara yang mampu melatih siswa untuk dapat mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan berpikir dengan memunculkan pertanyaan-pertanyaan atas dasar rasa ingin tahu mereka sendiri sehingga mereka dapat menemukan jawaban-jawaban dari permasalahan yang mereka hadapi. Dengan demikian perlu dilakukan suatu penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar dengan model pembelajaran Learning Together dalam proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Matematika di kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 2 Cikarang Utara. Instumen yang digunakan yaitu berupa test kognitif yang telah melalui beberapa tahapan seperti judgement, validitas, realibiltas dengan berdasarkan pada tingkat kesukaran dan daya pembeda. Dan sebagai tujuan akhir yaitu hasil yang dicapai dari penelitian ini menunjukan suatu peningkatan prestasi belajar siswa dalam pengetahuan dan keterampilan setelah diterapkannya model pembelajaran Learning Together.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Learning Together, Hasil Belajar , Matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurasiah, Supardi U.S
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.