Penggunaan Model Pembelajaran Role Play untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.61332/ijpa.v6i1.68Keywords:
Model Pembelajaran Role Play, Prestasi Belajar , MatematikaAbstract
Berdasarkan pada rendahnya nilai hasil evaluasi mata pelajaran Matematika perlu dilakukan suatu tinjauan yang seksama agar pembelajaran ini dapat mencapai hasilyang maksimal. Seperti kurangnya model pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran berlangsung,sehingga membuat siswa mengalami kecenderungan belajar yang pasif. Dengan demikian akan berpengaruh terhadap hasil belajar dan prestasi belajar yang diperoleh masing-masing siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan cara efektif dalam memilih model pembelajaran seperti model pembelajaran Role Plya. Model pembelajaran Role Play ini merupakan salah satu cara agar mampu melatih siswa untuk dapat mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan berpikir dengan memunculkan pertanyaan-pertanyaan atas dasar rasa ingin tahu mereka sendiri sehingga mereka dapat menemukan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dengan demikian perlu dilakukan suatu penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar dengan model pembelajaran Role Play dalam proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Matematika di kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 2 Cikarang Utara. Instumen yang digunakan yaitu berupa test kognitif yang telah melalui beberapa tahapan seperti judgement, validitas, realibiltas dengan berdasarkan pada tingkat kesukaran dan daya pembeda. Dan sebagai tujuan akhir yaitu hasil yang dicapai dari penelitian ini menunjukan suatu peningkatan prestasi belajar siswa dalam pengetahuan dan keterampilan setelah diterapkannya model pembelajaran Role Play.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Role Play, Prestasi Belajar , Matematika
References
Sri Mulyani, Renita. Penggunaan Model Pembelajaran Role Play Untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X MIPA 2 SMA
Negeri 2 CIKARANG UTARA, PTK. 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Renita Sri Mulyani, Supardi U.S
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.