Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Gallery Walk dengan Metode Pembelajaran Jigsaw

Authors

  • Yayu Sri Umaroh Handayasari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Supardi Supardi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61332/ijpa.v6i2.78

Keywords:

Learning method, Jigsaw, Gallery Walk, learning outcome

References

Purwanto, Ngalim, “Psikologi Pendidikan”. Banten :Remaja Rosdakarya, 2017, 168.

Nurhayati, Eti, “Bimbingan Keterampilan dan Kemandirian Belajar”. Bandung :

Batic Press, 1,2010.

Hardini, Israni & Dewi Puspitasari, ”Strategi Pembelajaran Terpadu”, Yogyakarta:

,4.

Asmani, Jamal, “Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran. Aktif, Kreatif,

Efektif, dan Menyenangkan)”. Jogjakarta: Diva Press, 2011,19-20.

Ismail, SM, “Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis

PAIKEM”. Semarang: Media Grup, 2018, 168

Ismail, SM, “Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM”.

Semarang:Media Grup, 2018, 89

Aswanir dan Basyiruddin, “Media Pembelajaran” Jakarta: Ciputat Press, 2002, 20

Sanjaya, Wina, “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan”,

Jakarta: Kencana, Edisi 1 Cet.12, 2016, 126

Bahri, Saiful dan Dzamarah Aswan Z, “Strategi Belajar Mengajar”, Jakarta: Rineka

Cipta, 2016, 217-220

Syodikh, Nana, “Metode Penelitian Pendidikan”, Jakarta : Remaja, 2011

Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta. 48

Asmani, Jamal, “Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran. Aktif, Kreatif,

Efektif, dan Menyenangkan)”. Jogjakarta: Diva Press, 2011,122.

Ismail, SM, “Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM”.

Semarang:Media Grup, 2018, 89

Machmudah, Umi dan Abdul Wahab Rasyidi. 2008. Active Learning dalam

Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press. 52

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi

Aksara. 52

Gufron, Moch. 2011. “Implementasi Metode GalleryDiscussion Walk dalam

Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Fakultas

Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, hal 264

Asmani, Jamal, “Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran. Aktif, Kreatif, Efektif, dan

Menyenangkan)”. Jogjakarta: Diva Press, 2011,59.

Aswanir dan Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press. 20

Marini. 2012. Efektifitas PenggunaanGalleryDalamWalk”MetodeMeningkatkan “

Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah AlFatah Tarakan.Makasar: Jurnal Penelitian. 4

Robert E Slavin. 2013. Cooverative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung:

Nusamedia. Jurnal Penelitian, 237

Sengul, Sare and Yasemin Katarci. 2012. Teaching the Subject, Sets with the Dissociation

and Re-Association’JurnalPenelitian(Jigsaw 3

Aqib, Zainal. 2010. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Yrama Widya. 21

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Handayasari, Y. S. U. ., & Supardi, S. (2023). Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Gallery Walk dengan Metode Pembelajaran Jigsaw. PANDITA: Interdisciplinary Journal of Public Affairs, 6(2), 136–153. https://doi.org/10.61332/ijpa.v6i2.78